• SMK NEGERI 3 PEKALONGAN
  • STM Pembangunan

Memacu Guru Tingkatkan Kemampuan Numerasi Peserta Didik

Jakarta, Kemendikbudristek — Sebagai guru atau tenaga kependidikan menumbuhkembangkan keaktifan peserta didik sehingga mereka dapat mengaplikasikan kemampuan numerasi dengan baik adalah tanggung jawab yang besar. Kemampuan numerasi yang dimaksud adalah konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung yang digunakan untuk kecakapan hidup sehari-hari.

“Guru didorong dapat mendampingi peserta didik dalam mengakses, menggunakan, menafsirkan, dan mengkomunikasikan informasi dan ide matematika untuk mengelola berbagai situasi dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan kompetensi numerasinnya,” ujar Wahid Yunianto selaku SEAMEO QITEP in Mathematics dalam webinar yang bertemakan “Diseminasi Peraturan Dirjen GTK tentang Kerangka Kompetensi Literasi dan Numerasi”, Selasa (8/3).

Numerasi menurut Wahid Yunianto merupakan kemampuan berpikir untuk menghasilkan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika yang dapat menyelesaikan masalah sehari-hari dalam berbagai jenis konteks yang relevan dan individu.

Terdapat tujuan kerangka kompetensi numerasi yaitu 1) melengkapi model kompetensi guru dengan peta terperinci mengenai kompetensi literasi dan kompetensi numerasi, 2) memberikan acuan bagi guru agar mampu mematahkan perjalanan pembelajaran (learning journey) diri terkait literasi dan numerasi secara komprehensif dan terstruktur, dan 3) memberikan acuan bagi lembaga penyelenggara pendidikan dan pelatihan dalam merancang dan melaksanakan program pelatihan dan pelatihan guru terkait kompetensi literasi dan kompetensi numerasi.

Tujuan kerangka kompetensi numerasi juga mencakup tiga aspek yaitu pengetahuan profesional, praktik pembelajaran profesional, dan pengembangan profesi.
Dicky Susanto selaku dosen dari Calvin Institute of Technology Head of Instructional Design menjelaskan bagaimana guru membangun pengalaman numerasi secara informal di dalam pembelajaran di sekolah.

“Tahap pertama, guru menyadari kesadaran tetapi belum ada tindakan. Kedua, guru mendeskripsikan pengalaman aktivitas numerasi kedalam sekolah oleh peserta didik. Ketiga, guru lebih banyak mulai menggunakan pengalaman itu dan diterapkan dalam pembelajaran. Keempat, guru semakin bisa menyatukan pengalaman-pengalaman yang dibawa untuk membangun pembelajaran numerasi di dalam kelas,” urainya.

Dicky menambahkan, kompetensi guru dibutuhkan untuk menyadari bahwa numerasi bukan hanya sekadar konsep yang abstrak tetapi bagaimana mengaplikasikannya dalam permasalahan sehari-hari. Numerasi itu sendiri terdiri dari beberapa jenjang yaitu tahap berkembang, tahap layak, tahap cakap dan tahap mahir.

“Harapan saya, guru dapat menyatukan semua unsur-unsur baik dari matematika dan berbagai macam konsep dan dari berbagai macam mata pelajaran menjadi satu pembelajaran yang utuh,” kata Dicky.

Selanjutnya, Nurina Ayuningtyas selaku dosen STKIP Sidoarjo memberikan pemaparan terkait praktik pembelajaran profesional yang terdiri atas lingkungan pembelajaran, perencanaan, pembelajaran dan asesmen. Aspek lingkungan pembelajaran mencakup lingkungan belajar yang dapat mendorong peserta didik untuk terampil berpikir mandiri, mengambil risiko dan penyelidikan kritis untuk membelajarkan numerasi.

Dalam aspek perencanaan, Nurina menjelaskan bahwa guru dapat menyusun rencana pembelajaran matematika yang sistematis dan efektif dengan mengaitkan topik-topik matematika dan mata pelajaran lainnya seperti IPA dengan matematika tentang pengukuran tata surya maupun olahraga dengan matematika tentang pengukuran jarak kecepatan waktu.

Dalam aspek pembelajaran, guru mengembangkan ide matematis dengan mengaitkan berbagai representasi konsep matematis pada perangkat pembelajaran untuk membelajarkan numerasi serta mendorong diskusi dengan mengajukan pertanyaan yang membangun penalaran peserta didik dan menghubungkan konten, konteks, proses dan alat matematika.

Sementara dalam aspek asesmen, guru dapat membandingkan beberapa strategi penyelesaian dan jawaban peserta didik yang berbeda dan menilai yang paling efektif dalam menyelesaikan suatu permasalahan numerasi. (Ratna P./Winda S./Mei S./Crespo B/Denty A.)


Sumber : https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/03/memacu-guru-tingkatkan-kemampuan-numerasi-peserta-didik

Tulisan Lainnya
Regulasi Terbaru Tes Kemampuan Akademik (TKA) Tahun 2025 Resmi Diterbitkan

Semua informasi regulasi terbaru tentang Tes Kemampuan Akademik (TKA) bisa kamu akses langsung di sini! ⁠Permendikdasmen Nomor 9 Tahun 2025 tentang Tes Kemampuan Akademik Ke

08/09/2025 08:21 - Oleh Administrator - Dilihat 325 kali
Puspeka Gelar Sinergi Temu Komunitas Nasional untuk Perkuat Pendidikan Karakter

Jakarta, Kemendikdasmen — Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) menyelenggarak

08/09/2025 08:15 - Oleh Administrator - Dilihat 86 kali
Peran Sekolah Kejuruan Wujudkan SDM Unggul melalui Penguatan Literasi dan Praktik Industri

Bawen, Kemendikdasmen - Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen), Hafidz Muksin

08/09/2025 08:13 - Oleh Administrator - Dilihat 77 kali
Kunjungi SMA dan SMK di Semarang, Wamendikdasmen Fajar Tegaskan SPMB Berjalan Baik

Semarang, 18 Juni 2025 - Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Wamendikdasmen), Fajar Riza Ul Haq, melakukan kunjungan kerja ke Kota Semarang untuk memantau langsung pelaksa

20/06/2025 07:40 - Oleh Administrator - Dilihat 283 kali
Apresiasi Praktik Baik SPMB di Daerah, Kemendikdasmen Aktif Terjunkan Tim Pemantau ke Sekolah

Jakarta, 19 Juni 2025 – Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) terus mengawal pelaksanaan Sistem Penerimaan Murid Baru (SPMB) di seluruh daerah agar tidak

20/06/2025 07:39 - Oleh Administrator - Dilihat 265 kali
Komitmen Pemerintah Daerah Menekan Angka Putus Sekolah melalui SPMB 2025/2026

Jakarta, 19 Juni 2025 – Memasuki minggu kedua bulan Juni tahun 2025, sejumlah kabupaten/kota telah sukses menggelar Sistem Penerimaan Murid Baru (SPMB). Kesuksesan SPMB ini m

20/06/2025 07:36 - Oleh Administrator - Dilihat 255 kali
Mendikdasmen Luncurkan Buku Panduan Gerakan 7 KAIH: Generasi Berkarakter Menuju Indonesia Emas 2045

Jakarta, 13 April 2025 – Pendidikan karakter merupakan fondasi penting dalam membentuk generasi unggul yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki akhlak mu

24/04/2025 10:51 - Oleh Administrator - Dilihat 603 kali
Pentingnya Verifikasi dan Validasi Dalam Penerbitan Ijazah, Direktorat SMK Mengadakan Sosialisasi Ijazah SMK Tahun 2024/2025

Jakarta, Direktorat SMK -  Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Pendidikan Khusus, dan Pen

18/02/2025 08:21 - Oleh Administrator - Dilihat 915 kali
Pemutakhiran Dapodik untuk Transparansi PIP dan Perluasan Akses Pemerataan Pendidikan

Jakarta, 5 Februari 2025 – Keberadaan data yang valid sangat mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan pendidikan. Pengambilan keputusan dalam

18/02/2025 08:20 - Oleh Administrator - Dilihat 734 kali
Sinergi Penguatan Literasi dalam Menyelamatkan dan Membangun Peradaban

Jakarta, 5 Februari 2025  -  Literasi bukan sekadar kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga alat untuk mencapai impian, meningkatkan kualitas hidup, dan membuka peluan

18/02/2025 08:19 - Oleh Administrator - Dilihat 590 kali